Mengamuskan Historisitas Tasawuf

Oleh Ronggolawe Ireng
 
Judul | Historical Dictionary of Sufism (Historical Dictionaries of Religions, Philosophies and Movements)
Penulis | John Renard
Penerbit | The Scarecrow Press, Inc.
Tahun Terbit | 11 Juni 2005
Tebal halaman | 410
ISBN | 9780810853423
 
Jika Anda mencari kamus soal tasawuf berformat historis sekaligus dijadikan panduan untuk melakukan penelitian lanjut, kamus ini layak Anda gunakan. Ditulis oleh John Renard, pakar dalam bidang Islamic Studies, terutama tasawuf, dan juga Telaah Agama secara umum, kamus ini bertambah nilai signifikansinya.

Dibuka dengan catatan pembaca yang bertujuan untuk memberi tahu bagaimana menggunakan kamus ini. Selanjutnya, Renard memberikan kronologis cukup panjang, sekitar 30 halaman. Bagian ini jelas akan membantu bagi orang yang hendak mengetahui bagaimana perkembangan tasawuf itu dari zaman ke zaman.
Sebelum masuk ke entri, Renard juga menulis sekitar 17 halaman mengenai sejarah tasawuf. Benar-benar memanjakan pembaca. Karena berformat historis, entri yang ada layak diberi acungan jempol. Misalnya, entri USA. Sepintas lalu, apa hubungannya tasawuf dengan USA? Pada entri itu, Renard menulis bagaimana perkembangan tasawuf di USA.
Yang menarik sekaligus nilai tambah, pada bagian daftar pustaka, Renard mengklasifikasikan secara tematik buku-buku apa saja yang perlu dibaca. Misalnya, tasawuf di Asia Tenggara, pada kamus ini disediakan buku-buku apa saja yang perlu dibaca. Begitu juga dengan sejarah tasawuf di Afrika, Renard menyediakan daftar buku yang diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Kami mengucapkan terima kasih atas komentar yang Anda berikan.