Undangan Diskusi: Dialog Antaragama dan Etika Global: Relevansi Pemikiran Prof. Hans Kung di Indonesia

Kepada Yth:
Bapak/Ibu/Saudara/i
Rekan-rekan Paramadina
Di-
Tempat


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera kami sampaikan, semoga bapak/ibu senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan sukses menjalankan aktivitas sehari-hari.
Selanjutnya, sebagai tindak lanjut dari kedatangan Prof. Hans Kung (President of Global Ethic Foundation dan pemikir  terkemuka dialog antaragama) ke Indonesia beberapa waktu lalu, International Center for Islam and Pluralism (ICIP) bermaksud mengadakan serial diskusi untuk mengkaji lebih mendalam pemikiran beliau.
Diskusi ini dimaksudkan untuk menggali lebih dalam relevansi pemikiran Prof. Hans Kung serta upaya untuk menerapkannya dalam konteks keindonesiaan. Mengingat, saat ini masyarakat Indonesia dihadapkan pada derasnya arus konservatisme beragama yang mengancam toleransi beragama dan membahayakan persatuan bangsa. Oleh karena itu, visi dan pemikiran Prof. Hans Kung tentang etika global (global ethic), dialog dan kerjasama antaragama (interfaith dialogue and cooperation), tanggung jawab manusia (human responsibilities),  serta refleksinya atas Islam penting dan menarik untuk didiskusikan, terutama untuk melihat konteks dan relevansinya dengan kondisi Indonesia saat ini.   
Berbagai kegiatan seminar telah digelar dalam rangka kedatangan beliau ke Indonesia beberapa waktu lalu, dan mendapat respon positif dari para peserta. Prof. Hans Kung dan Global Ethic Foundation telah memberikan kepercayaan kepada ICIP untuk menerjemahkan buku-buku dan artikelnya (dalam berbagai kegiatan itu) ke dalam bahasa Indonesia serta menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pemikiran teolog serta filsuf besar ini.    
Sehubungan dengan itu, maka kami bermaksud mengundang bapak/ibu untuk menjadi peserta aktif dalam Diskusi Serial III tentang pemikiran Hans Kung yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 22 Juli 2010
Waktu: 14.00-16.00 WIB
TempatAula Paramadina
Pondok Indah Plaza I. Kav. UA 20-21, Jl. Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan (depan).
TemaDialog Antaragama dan Etika Global: Relevansi Pemikiran Prof. Hans Kung di Indonesia
Pengantar DiskusiDr. M. Syafii Anwar (Direktur Eksekutif ICIP)
Pembicara  Utama: Prof. Dr. Kautsar Azhari Noer (Ahli Perbandingan Agama)

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Hormat Kami,
  

Dr. M. Syafii Anwar
Direktur Eksekutif
International Center for Islam and Pluralism

Konfirmasi Kehadiran: 
Nita (021-7470 6239, anyta@icipglobal.org)
Rahmat Hidayat (0811 902 581, rahmat_caknur@ yahoo.com)
Achmad Rifki (0852 1613 3584, a.rifki@yahoo. com)

CATATAN DARI PENGURAI KALAM
Berikut adalah makalah, buku, dan pamflet yang dilampirkan oleh pihak ICIP untuk memantapkan Anda dalam berdiskusi kelak. Silakan unduh:
  1. Makalah Prof. Hans Kung yang disampaikan dalam Lektur Publik di CRCS-UGM, 29 April 2010 (doc.pdf)
  2. Makalah yang disampaikan Prof. Kung pada 2005 (doc.pdf)
  3. Pamflet deklarasi Global Ethics (doc.pdf)
  4. Jalan Dialog Hans Kung dan Perspektif Muslim (buku yang ditulis untuk tanggapan kedatangan Prof. Kung oleh sarjana Indonesia. Dikeluarkan oleh CRCS-UGM) (doc.pdf)

0 komentar:

Posting Komentar

Kami mengucapkan terima kasih atas komentar yang Anda berikan.